Sabtu, 05 Mei 2018

Cara Mengembalikan File WA/Whatsapp yang Terhapus di Android

File hilang di Whatsapp bisa terjadi pada siapa saja. Penyebabnya juga beragam mulai dari update OS smartphone, melakukan flash ulang, kerusakan pada SD card, atau karena kita sendiri teledor dan tidak sengaja menghapusnya.

Mengatasi File Whatsapp yang Terhapus di Smartphone Android


Whatsapp sendiri sepertinya sudah paham dengan permasalahan dari para penggunanya ini. Oleh karena itu Whatsapp punya sistem back-up otomatis yang selalu bekerja tanpa kamu ketahui. Coba saja kamu buka menu Settings > Chats > Chat Backup.




Kamu akan melihat bahwa setiap jam 2 pagi Whatsapp akan membackup semua file kamu ke dalam database. File ini akan tersimpan di smartphone kamu selama 7 hari. Datanya akan terus diupdate, dan hanya menyimpan data dari aktivitas kamu selama 7 hari terakhir.

Cara Mudah Mengembalikan File Whatsapp Terhapus

Untuk mengembalikan file Whatsapp yang terhapus ada satu cara yang sangat mudah dan praktis. Berikut langkah mengembalikan file Whatsapp yang terhapus :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah uninstal aplikasi Whatsapp dari smartphone kamu.
  • Setelah itu instal kembali aplikasi Whatsapp dan buka aplikasinya. Kamu akan memulai proses dari awal, di halaman awal tap saja Agree and Continue.
  • Selanjutnya adalah proses verifikasi nomor telepon. Masukan nomor HP yang kamu gunakan untuk akun Whatsapp. Jika sudah tap Next, dan akan muncul pop-up konfirmasi pilih OK.

  • Untuk verifikasi nomor ini Whatsapp akan mengirim kode OTP ke nomor telepon kamu. Tunggu saja sampai prosesnya selesai, karena ini akan berjalan otomatis.
  • Setelah proses verifikasi selesai, Whatsapp akan mendeteksi apakah di HP kamu tersimpan file back-up. Jika ada maka akan muncul halaman Restore Backup seperti gambar di bawah. Maka kamu pilih Restore.
  • Tunggu hingga proses restore selesai, jika sudah tap Next untuk melanjutkan langkah mengembalikan file Whatsapp yang terhapus.
  • Langkah terakhir adalah Whatsapp akan menampilkan foto serta nama profile kamu. Kamu bisa merubah atau lanjut dengan tap Next.
  • Tunggu hingga proses loading selesai dan kamu akan masuk ke ruang chat Whatsapp. Semua data termasuk foto, video, chat, dan rekaman suara akan kembali ke aplikasi Whatsapp kamu.

Akhir Kata

Nah begitu guys cara mengembalikan file Whatsapp yang terhapus di HP android. Agar tidak terjadi lagi sebaiknya kamu backup semua data ke Google Drive. Jadi semua data kamu akan tersimpan meskipun kamu bergonta-ganti HP.

Source n thanks to : jalantikus.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara agar WA offline Sementara di HP Android

Whatsapp menjadi salah satu aplikasi  chatting  atau pesan instan terpopuler yang banyak digunakan oleh pengguna  smartphone,  termasuk di a...